Selasa, 30 November 2010

Ayam Petelur

Pasangan Batako




Lampu di Kandang Batere.

Penerangan Kandang
 
Ayam Exotic - Ayam Kapas
 
Pasangan Bambu
Posisi Tempat
Pakan & minum


sinaga tea  
Ayam Petelur
(Layer)
Ayam pada kandang batere harus diberi perhatian khusus, terutama dalam hal pakan. Pakan yang kami berikan adalah konsentrat 30%, jagung 30% dan dedek 40%. Komposisi pakan ini mempunyai titik berat pada jumlah protein. Jumlah protein yang harus dicapai adalah 18%, karena di bawah 18%, ayam-ayam tersebut enggan untuk bertelur. Konsentrat yang kami gunakan adalah Global 581.
Air minum yang diberikan pada pagi hari kami campur dengan Nutrisimba. Nutrisimba ini merupakan probiotik produksi ITB yang digunakan untuk mengurangi bau amoniak dari kotoran ayam. Bau amoniak yang menyengat, akan membuat ayam menjadi stress sehingga produksi telur pun akan ikut terpengaruh. Setelah pemberian Nutrisimba, air minum harus diberikan secara ad libitum atau tidak terbatas. Jangan sampai air minum tersebut kering karena akan menyebabkan stress tersendiri bagi ayam yang berujung pula pada penurunan produksi telur. Seminggu sekali diberi Amylit untuk mengurangi stress yang mungkin timbul dan membantu menjaga kesehatan layer.
Telur yang dihasilkan oleh ayam yang berada di daerah tropis pada umumnya mempunyai suhu yang tinggi sebagai akibat oleh badan ayam ditambah suhu lingkungan yang relatif tinggi. Untuk mencegah pengaruh suhu yang tinggi tersebut, telur-telur harus secepatnya diambil dari kandang. Selain itu menghindari pecahnya telur akibat dipatuk oleh ayam. Menurut Anton (1980), telur akan banyak yang pecah jika diambil sekali dibandingkan 2-3 kali/hari.
Penyebab pecahnya telur ada beberapa macam antara lain system kandang. Beberapa penelitian mengatakan bahwa perbandingan kerugian menggunakan laying cages system dengan system litter, keretakan akan lebih banyak terjadi pada  laying cages system. Keretakan dapat disebabkan karena telur menumbuk dinding depan, menumbuk telur yang belum dikumpulkan atau terinjak oleh kaki ayam itu sendiri. Namun penyebab utama dari setiap kerusakan teluradalah manusia, meskipun tidak langsung. Penyebab pecahnya telur karena factor manusai atau pekerja antara lain karena kecerobohan pekerja, biasanya pekerja akan mengambil banyak telur pada kedua tangannya dan pada saat meletakkan pada egg tray kurang hati-hati yang berakibat poada pecahnya telur. Petugas kandang kurang tepat dalam menyusun egg tray, keadaan ini dapat menyebabkan jatuhnya egg tray  dan pecahnya telur. Pengepakan dalam peti juga turut ambil bagian dalam pecahnya telur. Karena tergesa-gesa peletakan telur kurang benar, sehingga dapat terjadi benturan antara telur yang satu dengan telur yang lain.
Sanitasi kandang memang merupakan point yang harus diperhatikan. Setiap seminggu sekali kotoran ayam harus disemprot dengan menggunakan Degrasimba. Degrasimba ini merupakan produk hasil dari penelitian IPB yang merupakan probiotik pengurai kotoran. Penyemprotan dengan menggunakan Degrasimba membuat kotoran ayam menjadi lebih tidak berbau dan lalat juga lebih berkurang. Namun tidak kalah pentingnya, setiap minggu kotoran ayam juga harus dibersihkan. Kotoran ayam yang menumpuk akan dijadikan tempat berkembang biak lalat dan menimbulkan bau yang sangat busuk. Oleh karena itu, minimal seminggu sekali petugas kandang harus mengeruk kotoran baik yang terdapat pada sekatan bambu maupun yang berada di tanah. Kotoran ayam ini dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung. Karung-karung tersebut lalu diikat seperti biasa dan diletakan jauh dari kandang baterai. Karung yang berisi kotoran itu harus diletakan di tempat yang kering jangan sampai terkena air hujan karena selain dapat digunakan sebagai tempat berkembang biak lalat, bau yang tidak sedap dan bibit penyakit dapat tumbuh dan tersebar kemana-mana. Bau amoniak yang tajam akan membuat ayam menjadi tidak nyaman sehingga akan mengakibatkan berkurangnya produksi telur. Kotoran ayam  ini jangan dianggap sebagai barang tidak berharga karena kotoran ayam ini dapat dijual sebagai pupuk tanaman. (Hasil Samping).
Pengambilan kotoran ayam dan menempatkannya dalam karung-karung agar mudah dalam membawa dan menjualnya.
Untuk menjaga kesehatan ayam, seluruh kandang baterai harus disemprot dengan menggunakan Virkons karena penggunaannya lebih mudah dan mempunyai spectrum yang luas serta lebih aman jika digunakan pada penyemprotan yang tidak diperlukan pemindahan makanan maupun minuman. Penyemprotan dilakukan sebulan sekali. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada siang hari sehingga lebih mudah kering dan kandang tidak lembab. Seperti biasa penyemprotan dilakukan mulai dari langit-langit kandang hingga pada tempat kotoran ayam.
Pada periode layer, pencahayaan merupakan salah satu penentu produktifitas ayam. Pada masa ini lampu dinyalakan mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00.
Lampu jenis pijar, adalah yang paling baik karena memiliki panjang gelombang yang diperlukan untuk merangsang hormon LH untuk proses pembentukan telor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar