Sabtu, 29 September 2012


Tugas meresume
Mk. Integrasi Ternak Kebun


 
Judul :
PERTANIAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS LAHAN DAN KESEJAHTRAAN PETANI

Oleh :
Angga Putra Sinaga
E1C009002



Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian
Universitas Bengkulu
2012
PERTANIAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS LAHAN DANKESEJAHTRAAN PETANI

1.     PETERNAKAN SAPI RAKYAT
Sektor peternakan , di mana sumbangan protein hewani bagi kecerdasan anak bangsa merupakan program yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.  Sebab ,salah satu tolak ukur konsumsi protein hewani suatu bangsa.
Negara indonesia, tingkat konsumsi protein hewani yang berasal dari ternak, masih dibawah normal gizi yang di sarankan FAO. tingkat konsumsi protein hewani yang berasal dari ternak sekitar 4,7gr/kapital/hari, masih dibawah normal gizi yang disarankan FAO 6gr/kapital/hari.
Agar negara Indonesia dapat menikmati potensi pasar dalam negri yang besar, maka harus mempunyai terobosan-terobosan dengan keberanian menggeser suplai sapi lokal ke arah pemenuhan kebutuhan yang selama ini di suplai dari negara-negara luar tanpa kebijakan pemerintah.

§   Teknologi penggemukan sapi
Kendala yang di alami peternak :
a.         Rendahnya tingkat pertumbuhan bobot badan
b.        Tingkat pertumbuhan sapi
c.         Waktu/ jarak beranak sapi
Ketiga faktor diatas antaralain  dipengaruhi oleh efisiensi konversi pakan untuk tumbuh, dan berkrmbang dengan baik. Kendala tersebut bisa diatasi dengan menerapkan Biosuplemen probiotik ke dalam pakan kosentrat. probiotik adalah mikroba hidup dalam media pembawa yang menguntungkan ternak.


2.      Kotoran Ternak Sapi  Sebagai Pupuk dan Sumber Energi
§   Pupuk Organik Dari kotoran Sapi
Kotoran sapi merupakan limbah ternak yang dapat diperoses menjadi pupuk kandang.   Bahan orgamnik pada kotoran sapi didekoposisikan oleh bakteri idigen menjadi senyawan anorganik yang dapat diserap langsung oleh tanaman.
§    Kotoran Sapi sebagai sumber energi
Secara prinsip pemanpaatan kotoran sapi sebagai salah satu energi ramah liungkungan adalah gas bio ( biogas ).  Pembuatan biopgas sangat sederhana yaitu memesukan kotoran sapi kedalam unit yang dimana ana aerob. Dalam waktu tertentu boagas akan terbentuk selanjutnya dapat digunakan sebagai sumber energi, misalnya untuk kompor gas.


3.      Budidaya padi pola SRI ( system of rice intensification )
Pola tanam sistem SRI adalah pola budidaya baru di dunia pertanian    ( hendri de laulanie ).  Sistem yang baru ini petani tidak lagi tergantung pupuk kimia, karna 100% menggunakan pupuk alami, lalu irit benih, ramah lingkungan dan harga padinya lebih tinggi.
·         Metode
Pola tanam  padi model SRI adalah cara bertanam padi kembali ke alam.petani memenfaatkamn jerami,limbah gergaji, sekam, pohon pisang, pupuk kandang yang di olah untuk pupuk tanamannya.
Sunguh kenaikan yang seknifikan terjadi lonjakan produksi pertanian padi dan juga ramah lingksi padi dengan pola SRI, ini artoinya ada peluang besar dalam meningkatkan produksi pertanian padi dan juga ramah lingkungan.

4.      Model Pertanian Terpadu

Model ini memanfaatkan limbah pertanian untuk pakan ternak dan limbah dari ternak dimanfaatkan menjadi biogas dan kompos sehingga membentuk masyarakat tani yang makmur dan mandiri terkonsep.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar