Kamis, 09 Desember 2010

Spermatogenesis ( Proses Pembentukan Sperma )

Spermatogenesis ( Proses Pembentukan Sperma )

Oleh     sinaga tea
Taukah anda para laki – laki bentuk dari sperma anda ?
Sel Sperma merupakan sel kelamin ( gamet ) yang dihasilkan oleh pria yang sudah mencapai akil baligh . Sel sperma ini diproduksi oleh organ yang berbentuk 2 buah bulatan di bawah alat kelamin pria yaitu testis . Testis pria mampu menghasilkan jutaan sel sperma tiap harinya . Dan pria mengeluarkan kurang lebih 2 juta sperma setiap kali ia berejakulasi .
Tapi apakah anda tau bagaimana proses pembentukan sperma tersebut ?
Spermatogenesis terjadi melalui beberapa fase , yaitu :
a. Fase Pertumbuhan
b. Fase Pembelahan
c. Fase Diferensiasi
1. Fase Pertumbuhan
Pada Fase Pertumbuhan sel – sel calon indung sperma tumbuh , membesar , dan berduplikasi . Pada Fase ini juga terjadi penambahan materi inti , sintesis DNA dan sintesis organel sel . Fase ini juga disebut fase persiapan sebelum melakukan pembelahan .
Akhir dari Fase Pertumbuhan terbentuklah Spermatogonium ( Sel Induk Sperma ) yang sudah siap untuk melakukan pembelahan .
2. Fase Pembelahan
Tiap Spermatogonium yang sudah terbentuk akan mengalami proses pembelahan . Spermatogonium yang terbentuk akan menjadi Spermatosit Primer . Spermatosit Primer ini lah yang akan mengalami pembelahan .
Pembelahan yang tejadi adalah pembelahan Meiosis , yaitu pembelahan yang terjadi pada pembentukan gamet yang bertujuan untuk mereduksi jumlah kromosom .
Spermatosit Primer mengalami pembelahan Meiosip 1 membentuk 2 buah Spermatosit Sekunder . Jumlah kromosom sel Spermatosit Sekunder adalah setengah dari Sel Spermatosit Primer .
Pembelahan belum selesai . Speratosit Sekunder yang tebentuk akan segera mengalami pembelahan menjadi 4 buah Spermatid . Spermatid ini lah sel yang akan menjadi sel sperma .
3. Fase Diferensiasi
Spermatid yang terbentuk pada fase pembelahan harus mengalami perubahan agar mampu berenang mencari letak sel telur . Bentuk awalnya yang hanya berbentuk bulatan dirasa tidak mungkin mampu mencapai sel telur . Maka dari itu , spermatid harus mengalami Diferensiasi menjadi sel – sel sperma yang siap untuk membuahi sel telur .
Setelah proses Diferensiasi , terbentuklah 4 buah sel sperma aktif yang strukturnya sudah berubah . Kini sperma anda berbentuk seperti seekor berudu , dengan bentuk kepala seperti mata panah dan berekor panjang . Tentu saja bentuk seperti ini dimaksudkan agar sel sperma bisa dengan mudah berenang mencapai sel telur . Selain itu pada bagian kepala terdapat organel aparatus golgi yang berfungsi pada saat penetrasi .
Pembentukan sperma bukan hal yang gampang jika difikirkan oleh fikiran manusia . Maka dari itu , janganlah buang – buang sperma jika memang tidak terdesak . Jaga kesehatan reproduksi dengan tetap berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang sehat ,agar produksi sperma tidak terganggu . Tauge dan air kelapa dipercaya mampu meningkatkan produksi sel sperma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar